Laporan Kegiatan Mengajar PAUD
Anggota:
1.) Dian puspita Anggraeni: 1901506475
2.) Andina Naza Apriliani: 1901508606
3.) Fiana Anindita Widyastuti: 1901499551
4.) Andara Dewa: 1901509174
5.) Dandy Aidil: 1901502350
6.) Aldo Jeremy: 1901503611
7.) Luthfan Brilliant: 1901505466
Lokasi Pengajaran: TK/Paud Tarakanita 3
Waktu Pelaksanaan: Jumat, 18 Maret 2016
Pada hari Jumat, 18 Maret 2016, kami mengajar murid-murid TK Tarakanita 3. Sekitar jam 9 kami tiba di TK Tarakanita 3 tersebut. Lalu kami diarahkan ke suatu kelas, di kelas itulah kami mengajar. Saat kami memasuki kelas, murid-murid kelas itu tampak bingung melihat kami datang. Sang guru mempersilahkan kami untuk memperkenalkan diri kami satu persatu. Dengan nada yang menghibur untuk berkenalan dengan mereka, kami akhirnya telah memperkenalkan diri kami dan setelah itu kami menanyakan nama ke murid-murid untuk berkenalan. Suara murid-murid kelas itu sangat lucu-lucu sekali. Saat kami berkenalan, ada murid yang berani dan ada juga yang malu-malu. Sesi perkenalan sudah selesai, lalu kita menuju sesi berikutnya, yaitu mengajarkan mereka angka-angka. Sebelumnya, kami menyuruh murid-murid duduk di tempat duduk dan kami mengasih selembar kertas dan alat tulis ke murid-murid untuk memulai pembelajaran. Setelah itu anggota kelompok kami, yaitu Dian dan Andina mengajarkan angka-angka di depan dan menyuruh murid-murid mengikuti tulis angka pada selembar kertas tersebut, anggota yang lain membimbing murid-murid di tempat duduk. Lalu Dian menyuruh murid-murid yang bisa menghitung angka 1 sampai 10 dengan bahasa Inggris di depan kelas, yang bisa akan dikasih hadiah. Banyak murid yang bergegas ke depan untuk menghitung. Murid-murid yang maju tampak lancar dan bisa semuanya dan Andina mengambil sebuah hadiah untuk murid-murid tersebut, namun yang tidak maju juga mendapat hadiah. Setelah itu murid-murid mengembalikan selembar kertas dan alat tulis, karena kita akan memulai sesi menyanyi. Anggota kelompok kami yang bernama Andara memainkan gitar dan murid-murid menyayi beberapa lagu, diantaranya lagu Sayonara. Murid-murid sangat semangat menyanyikan semua lagu pada saat itu. Setelah itu kami memasuki sesi mengajarkan kebaikan kepada murid-murid kelas dengan cara anggota kami yang bernama Aldo bercerita sebuah dongeng. Murid-murid tampak serius mendengarkan cerita tersebut. Setelah Aldo mengajarkan kebaikan melalui cerita, lalu anggota kami yang bernama Luthfan mengajarkan materi yang berjudul Air Sebagai Sumber Kehidupan. Anggota kami tersebut melakukan tanya jawab ke murid-murid agar suasana kelas menjadi aktif. Lalu Dian melanjutkan materinya yang berjudul Api. Setelah beberapa menit kemudian, di akhir sesi kami menghibur murid-murid dengan cara mengajak bernyanyi lagi. Kita memasuki sesi terkahir, yaitu foto dengan murid-murid dan ibu guru. Murid-murid menggunakan gaya lucu-lucu mereka sendiri-sendiri dalam foto itu. Dengan demikian hari itu kami selesai mengajar dan kami berpamitan dengan murid-murid dan juga ibu guru.
Nilai pancasila yang diterapkan adalah sehingga negara Indonesia merupakan suatu diri pribadi yang memiliki ciri khas, sifat dan karakter sendiri, Indonesia memiliki suatu persamaan nasib, satu kesatuan kebudayaan, kesatuan wilayah.
Menghitung angka
Kami bernyanyi lagu-lagu wajib Indonesia
Bercerita dongeng
Kami dan murid-murid TK Tarakanita 3
Form Evaluasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar